Thursday 25 April 2013

Tau Gak Sih ? Tidur Memiliki Banyak Fakta dan Mitos

      Setiap manusia membutuhkan waktu istirahat untuk proses pemulihan diri ke kondisi fit. Biasanya, bentuk umum dari istirahat adalah tidur pada malam hari. Namun tidak menutup kemungkinan tidur bisa dilakukan setiap saat entah itu pagi, siang, sore atau malam. Faktanya Orang yang bekerja dengan menggunakan otak atau pikirannya memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Selain banyak manfaat yang didapat dari tidur itu sendiri, disisi lain tidur memiliki banyak fakta dan mitos. Berikut beberapa fakta dan mitos seputar tidur yang dirangkum pabelan-online, diantaranya :

Faktanya
1.      Tidur Balas Dendam
Bisa di gambarkan jika pada saat kita libur, atau setelah kita begadang di malam hari entah itu karena mengerjakan tugas-tugas kuliah yang menumpuk atau sedang menyaksikan pertandingan sepak bola. Basanya setelah itu kita tidur sampai dengan siang hari.
Faktanya bangun siang akan sangat mengganggu pola tidurmu dimalam setelahnya. Alangkah baiknya jika kamu mengatur jadwal tidurmu agar dapat tidur tepat setiap malamnya.


2.      Mengistirahatkan Otak
Banyak orang berkata kalau tidur itu mengistirahatkan otak. Sering kita dengar celetukan orang “ saya mau mengistirahatkan otak sejenak dengan tidur” entah itu tidur-tiduran, atau tidur sebenarnya.
Faktanya otak masih tetep aktif walau kita dalam keadaan tidur. Otak mengontrol fungsi-fungsi tubuh seperti bernafas, otak masih bisa menangkap apa-apa yang ada disekitar kita dengan menggerakkan fungsi indera kita.

3.      Tidur-tiduran di Kamar
Sebelum tidur sebaiknya melakukan aktivitas di kamar tidur agar bisa tertidur pulas.
Faktanya jika banyak melakukan aktivitas di kamar tidur maka makin sulit Anda tidur disana.

4.      Mendengkur
Mendengkur tidak berpengaruh pada kesehatan.
Faktanya mendengkur juga mengganggu kesehatan Anda. Ini adalah salah satu gejala kelainan tidur yang disebut “sleep apnea”. Jika Anda mendengkur dengan keras dan ada jeda yang panjang dalam dengkuran Anda, segerlah konsultasikan hal ini ke dokter.

5.      Bangun Tengah Malam
Jika kamu terbangun tengah malam, sebaiknya tetap ditempat dan mencoba tidur kembali.
Faktanya saat kamu terbangun tengah malam dan tidak bisa tidur kembali dalam 10-15 menit, sebaiknya kamu berpindah tempat dan mencoba tdur kembali. Jika Anda masih tetap di tempat tidur, itu hanya akan membuat Anda susah tidur dan merasa gelisah.

Mitosnya
1.      Hal terbaik yang harus dilakukan saat mengalami insomnia adalah tetap berbaring di ranjang.
Fakta: Hal ini tergantung pada sejauh mana Anda mengalami insomnia. Para ahli masalah tidur memiliki pendapat yang berbeda satu dengan yang lain, tetapi mereka setuju bahwa saat insomnia menghampiri, yang harus Anda lakukan adalah santai dan nyaman.

2.      Mitos: Secangkir kopi di sore hari tidak akan mengganggu tidur.
Fakta: Tergantung pada berapa usia Anda dan tingkat sensitivitas setiap orang pada kafein, karena perubahan yang terjadi setiap hari bisa membuat seseorang yang hanya sedikit menikmati kopi justru terjaga semalaman. Harus diketahui, tubuh memerlukan waktu tujuh jam untuk memecah setengah jumlah kafein yang telah dikonsumsi dan sensitivitas Anda pada kafein selalu berubah setiap waktu.

3.      Ruangan yang hangat membuat tidur nyaman.
Fakta: Meskipun tampak benar, mitos ini keliru. Pada kenyataannya, hal sebaliknya justru membuat tidur Anda nyenyak. Menurut National Sleep Foundation, suhu yang ideal untuk memuluskan tidur seseorang ada pada angka 12 – 24 derajat celcius. Suhu tersebut cocok untuk menurunkan suhu tubuh Anda dan bisa mulai tidur dengan nyenyak. Walau demikian, Anda masih boleh menarik selimut atau memakai kaus kaki tidur untuk mendapatkan tidur yang sehat.

4.      Camilan yang mengandung banyak karbohidrat membuat tidur lelap.
Fakta: Karbohidrat akan meningkatkan triptofan, zat yang dapat meningkatkan hormon pengganggu tidur yaitu serotonin. Para ilmuwan telah banyak memperingatkan agar setiap orang berhati-hati terhadap makanan berat sebelum tidur. Makan larut malam tidak hanya meningkatkan suhu tubuh tetapi juga mengganggu sistem pencernaan yang pada akhirnya mengganggu kenyamanan tidur Anda.
(Dari berbagai sumber)

http://pabelan-online.com/varia/2012/08/tau-gak-sih-tidur-memiliki-banyak-fakta-dan-mitos/

 

No comments:

Post a Comment

 

Template Design By:
SkinCorner